About Me

My photo
Darry, my nick name, was born on 1st December 1991, The eldest of 4 siblings, Bachelor of International Affairs Management with Honors, Living life to the MAX!

Wednesday, April 21, 2010

1 kata 5 huruf berarti yang mampu membuat seorang jendral bintang lima meneteskan air mata atau membuat seorang nenek tua yang memiliki pengalaman hidup yang pahit tersenyum...

                  Cinta jangan kau pergi
                              Tinggalkan diriku sendiri
                  Cinta jangan kau lari
                              Apalah arti hidup ini tanpa cinta dan kasih......sayang.




Siapa yang tak mengenal lirik di atas ini? Sepenggal lirik dari salah satu lagu paling menyentuh bagi saya. Cinta? siapa yang tidak tahu apa itu cinta? memang cinta terkadang sulit untuk didefinisikan dengan kata-kata, tapi siapa yang tidak mengakui cinta itu bagian dari hidup? atau hidup adalah bagian dari sebuah cerita cinta? Apapun itu, Cinta berperan sangat penting dan memiliki arti tersendiri bagi setiap orang di dunia ini. Tidak ada  seorangpun di dunia ini memiliki kisah cinta yang sama. Begitu baiknya TUHAN sehingga kepada manusia diberikan apa yang dinamakan cinta. Manusia memiliki derajat paling tinggi dibandingkan dengan makhluk manapun di dunia ini.
Cinta membuat semua orang menjadi tuli dan buta. Tuli untuk mendengar keburukan orang yang dicintai dan Buta untuk melihat kejelekan orang yang kita cintai. Terkadang saya heran kenapa Tuhan tidak adil, memberikan seorang yang ganteng pasangan yang jelek atau sebaliknya pasangan yang cantik bagi seorang yang jelek. Hanya 1 kata dan 5 huruf yang dapat menjawabnya "CINTA". Sesuatu yang terlalu indah untuk dikenang, terlalu manis untuk dirasakan, terlalu besar untuk didefinisikan, dan kadang terlalu menyakitkan untuk dihadapi.
Pada dasarnya Tuhan menciptakan adam dan eve, tetapi di jaman dimana seorang pria diperebutkan oleh 7 wanita ini, terdapat tren yang baru yaitu adam dan steve. Sungguh, sulit untuk dibayangkan, tetapi cinta itu universal. Cinta Pencipta kepada ciptaan-Nya, Cinta orang tua kepada anak-anaknya, dan yang terakhir cinta seorang lelaki kepada perempuan. Yang ingin saya bahas lebih dalam adalah mengenai cinta seorang lelaki kepada perempuan.
Apa yang membuat seseorang yakin dia mencintai seseorang? Menurut penelitian saya, yang menjadi akar dari cinta adalah kekaguman. Kekaguman yang berkepanjangan akan memunculkan apa yang dinamakan menyukai, rasa suka yang saling berbalasan akan memunculkan perasaan cinta. Cinta terlalu nyata untuk dirasakan dan terlalu palsu untuk dibayangkan. Terdapat banyak alasan bagi seseorang untuk menyukai seseorang, tetapi tidak ada alasan bagi seseorang untuk dapat mencintai. Perasaan cinta yang dipupuk lebih dalam mendatangkan rasa sayang. Rasa sayang adalah suatu tahap dimana apapun kesalahan orang yang anda sayangi, anda akan berusaha untuk mencari 1000 alasan untuk memaafkan dia padahal satu alasan pun tidak pantas diberikan untuk memaafkan dia. Rasa sayang muncul ketika kita mencintai seseorang karena kejelekan dan keburukannya bukan karena kecantikan, kegantengan, atau kebaikannya. Jika masih sekedar karena 3 hal itu, maka itu bukanlah cinta melainkan menyukai.
Mengapa manusia diberikan perasaan cinta sedangkan hewan tidak? Jelas akan terlihat aneh jika ada harimau dan singa yang saling mencintai. Tetapi terkadang hewan saja mampu menunjukkan rasa sayang kepada sesamanya, saya pernah diceritakan tentang seekor anak anjing yang tidak mau makan apapun ketika induknya meninggal. Manusia diberikan rasa cinta untuk mengungkapkannya dan menunjukkannya. Rasa cinta yang dikhianati akan mendatangkan bentuk negatif dari rasa cinta yaitu benci. Tetapi rasa benci hanya akan muncul sementara dan ditutupi dengan rasa cinta yang murni.
Cinta tidak harus memiliki? Kalimat ini sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bernyali untuk mengejar cintanya. Padahal sebenarnya, kalimat ini diucapkan untuk cinta yang tidak sampai untuk digapai karena dipisahkan maut, bukan karena tidak bernyali. Cinta adalah pengorbanan, seseorang sanggup berlari 10000 mil hanya karena cinta. Mampukah seorang hanya atas dasar suka mengorbankan nyawanya?Seorang yang mencintai dengan setulus hati sanggup melakukan apapun demi cintanya.
Dikisahkan, ada sepasang kekasih yang telah menjalin hubungan selama 6 tahun. Tetapi sang lelaki telah berkali-kali melakukan kesalahan yang sama dan berlaku tidak setia kepada pasangannya. Apa yang terjadi? Berapa kalipun sang lelaki melakukan kesalahan itu, sesering itu pula pasangannya memaafkannya. Cinta membuat sang pasangan selalu berusaha mengubah semua keburukan pasangannya menjadi kebaikan. Cinta itu saling menutupi. Cinta yang sejati itu tidak pernah melebih-lebihkan ataupun saling menyalahkan.
Cinta membuat setiap detik perjalanan bumi menjadi berarti. Cinta menjadikan segala sesuatu menjadi indah, segala sesuatu yang pahit menjadi manis, dan segala yang buruk menjadi baik.
Tidak ada yang dapat menggantikan posisi cinta di dunia ini. Cinta merupakan asas yang paling dasar bagi hidup manusia. Manusia yang tidak berani mencintai adalah manusia yang paling bodoh dan tidak tahu mensyukuri rahmat yang diberikan Sang Pencipta. Jangan pernah takut mencintai, ada yang mengatakan cinta itu menyakitkan, saya mau katakan, karena menyakitkan itulah yang membuat cinta semakin murni adanya.
Bersykurlah atas pasangan anda dan belajar mencintai dia lebih dan lebih lagi karena manusia memang diberikan hak untuk mencintai dan dicintai. Belajarlah dari pengalaman cinta yang lalu,dan berjanjilah untuk belajar mencintai dengan murni. Cinta tidak membutuhkan banyak pengalaman,jadi belajarlah untuk mencintai pasangan anda sepenuh hati, ungkapkanlah itu dan setia kepadanya  maka cinta akan mendatangkan hal-hal besar yang tidak pernah engkau bayangkan.

No comments:

Post a Comment